Seram !! Berani Lihat Museum Tubuh Manusia ?


Bayangkan, di depan Anda ada tubuh manusia tak bernyawa yang diawetkan, dibedah dan dipajang. Ada juga potongan-potongan tubuh manusia berupa kaki hingga jantung. Inilah The Human Body Museum di Bangkok yang bikin merinding!

The Human Body Museum adalah tempat dimana Anda bisa menambah pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia. Tak hanya itu tempat ini juga bisa jadi ajang uji nyali.

Ditengok dari situs Bangkok Magazine, Senin (28/10/2013) The Human Body Musum berada di Gedung Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Chulalongkorn, Bangkok. Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00-18.00 waktu setempat.

The Human Body Museum memiliki 14 mayat manusia yang sudah dibedah dan didatangkan dari Jepang. Tubuh-tubuh manusia tersebut dipajang dalam ruangan besar yang berwarna putih dan terang.

Anda bisa melihat jelas tubuh manusia yang sudah berupa kerangka tulang, masih terlihat lapisan otot, dan masih terdapat bola mata. Beberapa tubuhnya, ada yang bagian kepalanya dibelah dan terlihat otaknya. Ngeri!

Tak hanya itu, di dalam museum ini juga terdapat 130 potongan tubuh manusia, mulai dari potongan kaki, tangan, hingga organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Bahkan sistem pencernaan tubuh manusia juga dipajang dengan jelas di sana.


Kabarnya, pihak museum mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membawa mayat-mayat manusia tersebut dari Jepang. Beberapa mayatnya diawetkan dengan menggunakan proses plastination dan beberapa organ dalam disimpan dalam tabung berisi air yang mengandung cairan kimia.

Mungkin, bagi sebagian orang The Human Body Museum terkesan menyeramkan. Tapi kenyatannya, museum ini tidak pernah sepi dikunjungi turis mancanegara. Bahkan, anak-anak kecil juga suka datang ke museum ini.

Sebabnya, informasi mengenai anatomi tubuh manusia di The Human Body Museum ini terpampang jelas. Tak hanya lewat papan penjelas, tapi dari pemandu museum yang menjelaskan secara detil mengenai tiap bagian tubuh manusia dan fungsinya. Turis pun diperbolehkan untuk menyentuh bagian-bagian organ dalam manusia, seperti jantung, hati, otak, hingga usus!

Tiket masuk The Human Body Museum adalah 300 Baht atau sekitar Rp 107 ribu untuk orang dewasa, dan 100 Baht atau sekitar Rp 35 ribu untuk pelajar. Berani datang ke museum ini? 

No comments:

Post a Comment