Mengerikan, Mereka yang Melakukan Operasi Untuk Diri Sendiri

Manusia bisa melakukan sesuatu yang di luar akal dan pikiran ketika dia berada dalam situasi yang sulit. Bahkan hal-hal yang dilakukan itu bisa saja membuat nyawa mereka begitu dalam situasi genting. Namun apapun itu, manusia tetap saja melakukan hal tersebut.
Beberapa contohnya adalah orang-orang berikut ini. Mereka dengan berani melakukan operasi untuk diri sendiri sekalipun sama sekali tidak memiliki pengetahuan medis mumpuni.

1. Gergaji Kaki Sendiri
Zheng Yanliang (47) diberitahu bahwa dia hanya memiliki sisa hidup sebulan setelah didiagnosa menderita trombosis arteri parah pada kedua kakinya. Namun Zheng tak bisa membayar biaya rumah sakit jadi dia memutuskan bertindak sendiri secara gila dengan menggergaji kakinya sendiri. Zheng memakai gergaji dan pisau karena miliknya yang petani. Dia menggergaji kaki saat sang istri tidur dan menahan berteriak dengan menggigit kayu sampai tiga buah giginya tanggal. Karena hal ini, dokter di Shanghai melakukan operasi pada kaki yang terinfeksi secara gratis. 

2. Melahirkan di Kebun Klinik
Irma Lopez dan suaminya pergi ke sebuah klinik karena siap melahirkan. Irma yang suku Mazatec dan suaminya berjalan satu jam menuju klinik persalinan dari rumahnya yang terletak di kawasan pegunungan utara Oaxaca. Karena tak punya uang, Irma ditolak klinik. Beberapa menit usai keluar dari klinik, air ketuban Irma pecah dan putra ketiganya lahir begitu saja di kebun klinik. Foto saat Irma dan bayinya yang terikat tali pusat tergeletak di tanah menjadi headline berbagai media Meksiko dan menyebabkan amarah luas publik atas diskriminasi kedokteran terharap warga suku pedalaman Meksiko. 

3. Operasi Plastik Wajah
Dalam usaha untuk mendapatkan kecantikan wajah nan murah, seorang perempuan melakukan injeksi silikon sendiri di wajahnya. Wanita itu menyuntik bibir dengan silikon yang dibeli di internet, namun 24 jam kemudian hal itu menjadi mimpi buruk. Hal itu dengan cepat membuat wajah wanita ini menjadi tergores luka dan menjadikannya justru tampak lebih buruk

4. Operasi Caesar

Pada Maret 2000, Ines Ramirez Perez seorang wanita Meksiko di kawasan Oaxaca melakukan operasi caesar sendiri dan sukses padahal Ines tidak memiliki ilmu pengetahuan medis. Pada tengah malam tanggal 5 Maret 2000 setelah 12 jam rasa sakit terus menerus, Ines duduk di bangku dan minum tiga gelas kecil minuman keras. Dia memakai pisau dapur 15 cm untuk membuka perut sebanyak tiga kali.
Ines menembus kulit sedalam 17 cm membentuk garis vertikal beberapa sentimeter di kanan pausar yang dimulai di dekat bagian bawah tulang rusuk dan berakhir di dekat daerah kemaluan. Setelah operasi, dia berhasil mengeluarkan bayi laki-laki lalu memutus tali pusar dan Ines pingsan. Ines lalu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani 16 jam operasi perbaikan sayatan dan komplikasi kerusakan.

5. Membedah Perut Sendiri
Wu Yuanbi (53) di Chongqing mencoba melakukan operasi sendiri dengan pisau dapur karena tak punya uang untuk biaya pengobatan. Wu adalah penderita sindrom Budd-Chiari yakni suatu kondisi kronis yang menyebabkan perut dipenuhi cairan. Ketika pertama kali didiagnosis 12 tahun silam, Wu menghabiskan seluruh tabungan untuk mengeluarkan 25 kilogram air dari perut. Namun penyakit Wu kembali kambuh yang membuatnya memutuskan melukai diri sendiri demi mengeluarkan cairan. Akibat ini, Wu dibawa ke rumah sakit dan menerima semua perawatan secara gratis. 

No comments:

Post a Comment