Misteri Hutan Bengkok di Polandia

Misteri Hutan Bengkok

Bangunan klasik bukan satu-satunya peninggalan sejarah yang dimiliki Polandia. Negara di Eropa Tengah itu juga menyimpan keunikan alam hasil Perang Dunia II. Di dekat kota Gryfino, terdapat hutan antik yang memancarkan daya tarik tersendiri.
Ratusan pohon pinus yang tinggi menjulang, tumbuh di sana. Anehnya, bagian bawah batang seluruh pohon itu melengkung 90 derajat ke utara. Karena keunikan itu, hutan di Barat Laut Polandia itu dijuluki “Crooked Forest”, alias Hutan Bengkok.

Hingga saat ini, tak diketahui penyebab fenomena melengkung itu. Menurut spekulasi, keajaiban itu sengaja dilakukan manusia. Pohon diperkirakan tumbuh normal selama tujuh atau sepuluh tahun. Lalu, dibengkokkan untuk tujuan yang tak diketahui.
Versi lain menyebutkan, pada 1930, para petani ingin membuat furnitur dari bentuk pohon yang bengkok itu. Namun, perang dunia mengganggu kehidupan petani, hingga mereka gagal panen.
Mengutip laman Amusing Planet, banyak juga yang menyebutkan lengkungan pohon disebabkan tekanan salju, atau efek cahaya.

Para sejarawan juga punya teori sendiri untuk menjawab teka-teki Hutan Bengkok. Menurut mereka, pohon ditanam di wilayah konflik Perang Dunia II.
Mulanya, hutan milik Jerman. Namun, ketika perang berakhir pada 1945, hutan resmi diambil alih Polandia. Ada kemungkinan, sistem tanam tersebut dilakukan para korban perang.

Entah mana penjelasan yang benar. Muasal hutan itu tetap menjadi misteri. Yang jelas, mengunjungi Hutan Bengkok rasanya seperti berada di dunia lain.
Seakan ada aura magis, seperti terperangkap dalam hutan di negeri dongeng. Tak heran, hutan ini menjadi pilihan wisata bagi para pencinta suasana alam.

No comments:

Post a Comment