Bahan Alami Dirumah Yang Dapat Menggantikan Shampo


Shampo merupakan sesuatu yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari keseharian kita sebagai salah satu pembersih dan perawat bagian tubuh kita yang paling atas yaitu rambut. Pernahkan terlintas bahwa ternyata Bahan-bahan alami yang sering kita jumpai dirumah bisa menjadi alternatif pengganti Shampo, berikut adalah Bahan - bahan alami Dirumah yang dapat Menggantikan Shampo :

1. Telur
Telur dapat membantu mencegah kerontokan rambut, telur juga bisa digunakan untuk melembabkan rambut yang kering, dan telur yang paling baik digunakan adalah telur ayam kampung.

2. Baking Soda
Baking Soda mampu mengurangi kotoran dan minyak pada rambut. Baking soda juga membantu dalam menghilangkan klorin dari rambut Anda. Bilas rambut Anda dengan campuran 1/2 sdt baking soda dan 1 cangkir air untuk menghilangkan pigmentasi pada rambut yang umumnya disebabkan pengaruh klorin dalam air.

3. Yogurt
Yogurt mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, kalsium, protein, dan vitamin D. Berbagai mineral bergizi itulah yang membantu rambut memiliki akar yang lebih kuat sehingga rambut tidak mudah rontok.

4. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang berwarna hijau pekat hingga kekuning-kuningan ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Rasa dagingnya yang kecut kaya akan kandungan vitamin C. Ternyata juga bermanfaat bagi rambut seperti mencegah ketombe, mencegah rambut rontok, dan juga mengatasi rambut berminyak

5. Alpukat
Manfaat Alpukat yaitu untuk mengatasi rambut kering, rontok, membuat rambut berkilau, lembut dan bercahaya. Bila rambut agan kering dan rontok maka agan bisa mengatasinya dengan buah alpukat. agan bisa mencoba ramuan buah alpukat dan santan kelapa untuk digunakan sebagai conditioner bagi rambut berjenis kering.

6. Madu
Madu bermanfaat guna menjaga kelembaban kulit pada kepala agan selain itu madu juga mencegah terjadinya pencabangan pada rambut.

7. Cuka
Air cuka mempunyai kandungan zat yang bisa menggagalkan penetasan telur kutu rambut, hingga bisa berguna untuk bersihkan kulit kepala dari telur-telur kutu rambut. caranya kita cuma tinggal memoleskan cuka putih di pangkal sampai ujung kepala, biarlah sepanjang 2 jam lantas basuh dengan air bersih.

8. Santan
Santan tidak hanya digunakan untuk bahan masakan saja. Tetapi memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit rambut. Kandungan minyak dan protein yang terdapat di dalamnya dapat mengatasi rambut kering dan kusam. Terapis dan Penata Rambut Azzahra Salon Day and Spa Yamsih Anita mengatakan untuk mengatasi rambut kering bisa dilakukan dimana saja. Menurutnya kandungan minyak yang terdapat pada santan berperan sebagai pelembab alami. Fungsinya dapat membuat rambut terlihat lembut, indah dan berkilau. Sedangkan protein yang terdapat dalam santan berfungsi sebagai cadangan makanan. Sehingga sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan rambut secara berkelanjutan.

9. Air
Menggunakan air dingin saat keramas atau membasahi rambut akan membuat kutikula rambut menjadi tertutup. Dengan menutupnya kutikula rambut, maka nutrisi yang diperoleh dari shampo atau kondisioner akan dapat diserap rambut dengan lebih baik. Sehingga rambut tampak lebih sehat dan tidak kusam.

Cara membuat Shampo & Conditioner dari bahan-bahan diatas

Yang Pertama

Shampoo
Bahan-bahan:

 1 butir telur
 1 sdm sari buah apel
 ½ cangkir air

Cara membuat :
Campurkan semua bahan dengan blender hingga berbusa. Setelah itu sampo telur buatan sendiri bisa langsung Anda gunakan. Setelah basahi rambut, gunakan sampo, diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Sampo ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan rambut panjang, lembut dan bersinar.

1. Conditioner
Bahan-bahan :
 1 butir telur
 1/2 cangkir yoghurt
 1 buah jeruk limau yang dijus
 1 sdm madu

Cara Membuat :Campurkan semua bahan di mangkuk hingga benar-benar menyatu lalu aplikasikan dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala. Setelah itu bungkus rambut dengan menggunakan handuk dan diamkan minimal 30 menit. Kondisioner ini cocok untuk berbagai jenis kulit kepala


Yang Kedua

shampoo
Bahan-bahan:
 1 sdt baking soda
 250 ml air (gunakan air yang bersih)
Cara Membuat : Larutkan Baking soda hingga benar larut simpan dalam botol yang bersih.

conditioner
Bahan-bahan:
1 sdt Cuka dapur atau dengan sari jeruk nipis atau lemon)
250 ml air (gunakan air yang bersih)

Notes: takaran air dapat ditambah jika rambut anda termasuk kering dan rapuh.

Yang ketiga

Shampoo
Bahan-bahan:
Alpukat
Santan
Cara membuat : Alpukat yang sudah dikupas lalu dihancurkan
Kemudian siapkan santan secukupnya.
Cara pemakaiannya dengan mencampurkan alpukat dan santan secara rata hingga teksturnya mengental seperti shampo.

No comments:

Post a Comment