Tubuh Manusia Kini Sudah Dibikin Peta dalam Bentuk Google Map



Teknologi amat memudahkan kehidupan manusia. Di bidang transportasi misalnya, sudah ada Google Map yang akan memandu mencari jalan agar tak gampang tersesat. Kini Google Map juga tersedia untuk memetakan tubuh manusia. Bagaimana bisa?

Sekelompok peneliti internasional berhasil menciptakan peta metabolisme tubuh manusia yang paling lengkap. Peta ini diberi nama Recon 2 dan menggambarkan bagaimana proses pengubahan makanan menjadi energi serta pembentukan hormon dan protein yang penting bagi tubuh.

"Ini seperti memiliki koordinat semua mobil di kota, tapi bukan peta jalan. Tanpa alat ini, kita tidak tahu mengapa tubuh bergerak dengan caranya masing-masing," kata Bernhard Palsson, profesor bioteknologi di University of California seperti dilansirTime Healthland, Kamis (7/3/2013).

Prof Palsson bersama rekan-rekannya menyusun proses interaksi gen dan turunannya di seluruh jaringan. Ia yakin bahwa Recon 2 bisa membantu menelusuri beberapa penyebab penyakit yang masih misterius, seperti kanker dan diabetes, serta menemukan pengobatan yang lebih baik.

"Saya membayangkan, itu (Recon 2) digunakan untuk personalisasi diagnosis dan pengobatan untuk memenuhi kebutuhan individu. Di masa depan, kemampuan ini bisa memungkinkan dokter mengembangkan model jaringan metabolisme pasien dan menemukan pengobatan yang paling mujarab untuk berbagai penyakit," kata Ines Thiele, profesor di Universitas Islandia.

Recon 2 menyerupai Google Map karena mengkonsolidasikan semua fungsi metabolisme manusia menjadi satu. Perangkat ini memungkinkan penggunanya melakukan zoom in - zoom out untuk melihat rincian proses pada tingkat seluler ataupun mendapatkan perspektif yang lebih luas dari seluruh reaksi metabolisme yang berbeda.

Sebelum ada Recon 2, sudah dibuat Recon 1 yang berhasil memetakan 3.300 transformasi metabolik pada jaringan dan sel. Recon 2 memuat data 2 kali lebih banyak dan mencakup 7.400 reaksi metabolisme yang berbeda. Recon 2 juga sudah mulai digunakan untuk melacak pola ekspresi gen untuk jalur metabolik tertentu.

Walau demikian, pemetaan yang tercakup Recon 2 sebenarnya masih belum lengkap. Dalam laporan yang dimuat jurnal Nature Biotechnology, peneliti menjelaskan bahwa Recon 2 hanya mencakup sekitar 1.800 gen dari 20.000 gen yang menyusun protein di tubuh manusia. Produk Recon yang lebih lengkap diharapkan keluar tahun depan.




Sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/07/142639/2188557/763/tubuh-manusia-kini-sudah-dibikin-peta-dalam-bentuk-google-map

No comments:

Post a Comment