IQ Gadis 12 Tahun dari India Ini Lampaui Einstein



Sekali lagi, seorang gadis memiliki nilai IQ melebihi ilmuwan kelahiran Jerman, Albert Einstein. Kali ini, seorang gadis berusia 12 tahun.

Neha Ramu asal India meraih skor 162 dalam tes IQ Mensa. Skornya 2 poin lebih tinggi daripada Einstein.

Gadis penyuka Harry Potter ini mengejutkan orangtuanya dan khalayak setelah berhasil meraih skor tertinggi yang mungkin dicapai dalam tes IQ. Skor tersebut menempatkan Neha dalam jajaran orang-orang cerdas yang ada di Inggris, bahkan lebih cerdas daripada Stephen Hawking, Bill Gates, dan tentu saja Einstein.

Awalnya, orangtua Neha tidak menyadari kecerdasan yang dimiliki putrinya hingga saat tes masuk untuk sebuah sekolah bernama Tiffin Girls. Saat itu, Neha berhasil meraih nilai sempurna untuk tes gramatika dengan nilai 280/280. Sejak itu orangtuanya paham bahwa prestasi yang cemerlang selama ini di sekolah dikarenakan kecerdasan luar biasa yang dimiliki putri kecilnya.

"Awalnya, saya tidak menyadari kemampuannya. Tapi saat mendapat hasil dari tes masuk di Tiffin Girls, saya berpikir ada sesuatu dalam diri anak saya dan saya tidak menyadarinya selama ini," aku ibu Neha, Jayashree.

Dua tahun kemudian, ia mengikuti tes IQ dari Mensa yang merupakan perkumpulan orang dengan IQ tinggi dan berhasil meraih angka tertinggi yang mungkin dicapai oleh seseorang berusia di bawah 18 tahun. "Saya sangat bangga padanya. Ini sangat mengagumkan. Saya bahkan tidak bisa lagi mengungkapkan perasaan saya," ujar Jayashree.

Dengan kecerdasan di atas rata-rata ini, Neha sudah menentukan rencana masa depannya, yaitu menjadi dokter mengikuti jejak kedua orangtuanya yang juga merupakan dokter. Gadis yang suka berenang ini telah membidik Harvard sebagai tempatnya meraih cita-cita setelah mampu memperoleh nilai SATs 740 dari 800.

Seperti diketahui, tes IQ diciptakan untuk mengetahui dan memetakan kemampuan inteligensia seorang siswa. Di Inggris, rata-rata orang meraih nilai sebesar 100. Juru bicara dari British Mensa mengatakan bahwa skor yang diraih Neha ini menempatkannya di jajaran tertinggi orang cerdas di Inggris yang jumlahnya hanya sekitar satu persen dari penduduk.



Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/19/13152535/IQ.Gadis.12.Tahun.dari.India.Ini.Lampaui.Einstein

No comments:

Post a Comment