Sewa Mesin Yamaha M1 Rp 10 miliar per Tahun


Yamaha Factory Racing (YFR) mengumumkan nilai sewa mesin M1 untuk tim di luar pabrikan dan satelit (tahun depan disebut non-MSMA). Dalam setahun, setiap pebalap dikenakan baiaya 800.000 euro atau Rp 10,5-an miliar, maksimal untuk lima mesin untuk satu musim. Hanya empat pebalap mendapat ijin menyewa mesin ini. .

Tak hanya menyediakan, YFR juga akan memberi dukungan bagi pebalap yang menggunakan mesin M1. Misalnya, membantu membangun ulang jika rusak atau menggantinya jika mengalami tabrakan hebat dan membuat kinerja mesin tak lagi maksimal. Semua penyewa akan menggunakan ECU yang diwajibkan Dorna, yaitu Magneti Marelli. 

”Satu mesin maksimal dipakai 3.000 km sebelum direhab lagi. Kami harus menyediakan jumlah mesin yang sampai akhir musim,” terang Lin Jarvis, Managing Director YFR. 

Perlindungan Teknologi
Lin Jarvis mengatakan bahwa mesin yang disewakan merupakan produk mutakhir, mirip dengan yang digunakan Tech3. ”Mesin ini sudah mengadopsi teknologi tertinggi. Kami tidak ingin teknologi ini pindah ke tangan ketiga. Inilah alasan simpel untuk kami menyewakannya dan tidak menjual putus. Di akhir musim, kami akan mengambil semua mesin,”papar Jarvis.

Juga dijelaskan, beberapa tim sudah menghubunginya untuk menyewa mesin. Jarvis tidak mau menyebutkan tim dan akan diumumkan pada akhir Juli, untuk musim 2014.



Sumber  : http://otomotif.kompas.com/read/2013/07/17/9086/Sewa.Mesin.Yamaha.M1.Rp.10.miliar.per.Tahun

No comments:

Post a Comment