Kota Ajaib Dari Tanah Liat Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO






Tembok-tembok ini berusia ratusan tahun dan masih terawat (www.npr.org)

Selain Gunung Fuji di Jepang, Agadez yang terletak di Niger, Afrika juga menjadi Warisan Dunia oleh UNESCO. Agadez adalah kota yang unik, karena tiap bangunan di sana terbuat dari tanah liat. Seperti apa ya?

Niger adalah negara yang terletak di Afrika Utara. Di sinilah terdapat suatu kota yang memiliki sejarah dan peradaban yang mengesankan dari abad ke-15. Sebuah kota yang terbuat dari batu bata tanah liat bernama Agadez, menjadi World Heritage UNESCO di tahun 2013 ini.

Dilansir dari AFP, Senin (24/6/2013), Agadez terpilih bersama Gunung Fuji menjadi Warisan Dunia. Inilah hasil dari pertemuann anggota UNESCO selama 10 hari di Phnom Penh, Kamboja yang menetapkan 31 situs Warisan Dunia.

Terpilihnya Agadez memang tidak mengejutkan. Sebabnya, kota yang berada di dekat Gurun Sahara ini memiliki keunikan dan peninggalan dahsyat sejak ratusan tahun silam.

"Sebuah arsitektur yang luar biasa, terbuat dari batu bata yang dicampur tanah liat," kata UNESCO dalam dokumen pertemuannya.

Dari situs UENSCO, Agadez berkembang sekitar tahun 1500-1600-an. Keunikan kota ini adalah dari bahan dari tiap-tiap bangunan yang menggunakan batu bata yang tercampur dengan tanah liat.

Batu bata yang tercampur tanah liat, lalu dijemur sekitar 25 hari dan menjadi kokoh. Setiap bangunan di Agadez menggunakan bahan bangunan tersebut, termasuk masjid dan menara setinggi 27 meter. Menara tersebut pun menjadi bangunan batu bata tanah liat tertinggi di dunia.

Meski sudah berumur ratusan tahun, bangunan yang terbuat dari batu bata tanah liat di Agadez masih terawat dengan baik hingga kini. Agadez menjadi bukti peradaban tinggi di masa lalu.

Kota ini pun disebut-sebut sebagai cikal bakal trans-Sahara di masa lalu. Agadez merupakan kota yang dilalui para pedagang yang melintasi wilayah Gurun Sahara. Traveler yang datang ke sini, bakal dibuat takjub oleh tiap bangunannya.

"Agadez adalah pintu gerbang menuju gurun pasir," demikian kutipan dari pernyataan UNESCO.



Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/06/24/084821/2281822/1382/2/kota-ajaib-dari-tanah-liat-jadi-situs-warisan-dunia-unesco#topart

No comments:

Post a Comment