Akio Toyoda Bos Termurah dan Paling Sukses


Toyota Motor Corporation terkenal dengan produk bernilai efisiensi tinggi. Filosofi tersebut juga dicerminkan oleh Akio Toyoda yang dipercaya sebagai Chief Executive Officer (CEO). Sebagai perusahaan otomotif dengan penghasilan terbesar di dunia, penghasilan Akio Toyoda, 57, hanya sepersepuluh dari bos perusahaan merek lain.

Cucu pendiri Toyota ini berhasil mengembalikan keuntungan perusahaan sejak Juni 2009. Resesi global kala itu menyebabkan Toyota rugi untuk pertama kalinya setelah 59 tahun. Akio juga berhasil mengatasi kerugian akibat gempa bumi dan tsunami dan "recall" jutaan unit Toyota di seluruh dunia.

"Akio lebih teruji, tidak seperti CEO lain di Toyota dadlam 30 tahun terakhir. Bos lain terlalu mahal bayarannya," jelas Maryann Keller, Kosultan Maryann Keller & Associates di Stamford, AS yang dilansir Bloomberg (24/6/2013).

Terendah
Tahun lalu, Akio mendapatkan bayaran 184 juta yen (Rp 18,6 miliar), naik 35 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut berdasarkan laporan pajak di Menteri Keuangan Jepang awal pekan ini. Tahun ini, Toyota juga menjanjikan bonus besar untuk karyawannya, terutama mereka yang berjuang bersama sejak 2008.

Dibandingkan Alan Mulally, bayaran Akio tidak spesial. Bos Ford itu mengantongi 21 juta dolar AS (Rp 208,3 miliar) untuk bayaran tahun lalu. Bos VW, Martin Winterkorn, memperoleh bayaran 14,5 juta euro (Rp 188,1 miliar), disusul Dieter Zetsche dari Daimler AG 8,15 juta euro (Rp 105,76 miliar). Sedangkan Dan Akerson menerima 11 juta dolar AS (Rp 109,1 miliar) pada periode yang sama.

Akio juga punya 0,13 saham Toyota sebagai keluarga pendiri perusahaan. Nilainya mencapai 256 juta dolar dan dibagi ke deviden dengan nilai 4,2 juta dolar sampai akhir tahun fiskal lalu.

Edwin Merner, Presiden Direktur Atlantis Investment Research Corporation di Tokyo mengatakan, gaji dan bonus para pimpinan perusahaan Jepang jauh tertinggal dibanding dengan tingkat global.

Carlos Ghosn, bos Nissan, dibayar 988 juta yen (Rp 99,9 miliar) pada tahun lalu, menjadikannya sebagai 100 pimpinan perusahaan dunia dengan bayaran tertinggi. 



Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2013/06/26/8780/Akio.Toyoda.Bos.Termurah.dan.Paling.Sukses

No comments:

Post a Comment